Manfaat Mengenal Allah SWT

Oleh: Slamet Setiawan | suksesberkah.com

Sobat, dengan mengenal Allah swt kita akan mendapat manfaat, di antaranya:

1. Menetahui tujuan hidup

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالإنْسَ إِلا لِيَعْبُدُونِ (٥٦)
“Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS. Adz Dzariyat: 56)

Dengan kenal sama Allah swt, kita akan tau siapa sebenarnya kita (manusia), dan apa tugas kita di dunia. Karena Allah sw yang mencipatakan kita, yang mengatur kita dan seterusnya.

2. Mendapat petunjuk

أَوَمَنْ كَانَ مَيْتًا فَأَحْيَيْنَاهُ وَجَعَلْنَا لَهُ نُورًا يَمْشِي بِهِ فِي النَّاسِ كَمَنْ مَثَلُهُ فِي الظُّلُمَاتِ لَيْسَ بِخَارِجٍ مِنْهَا كَذَلِكَ زُيِّنَ لِلْكَافِرِينَ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (١٢٢)
“Dan Apakah orang yang sudah mati[1] kemudian dia Kami hidupkan dan Kami berikan kepadanya cahaya yang terang, yang dengan cahaya itu dia dapat berjalan di tengah-tengah masyarakat manusia, serupa dengan orang yang keadaannya berada dalam gelap gulita yang sekali-kali tidak dapat keluar dari padanya? Demikianlah Kami jadikan orang yang kafir itu memandang baik apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al An’am: 122)

Dengan mengenal Allah swt, manusia akan keluar dari kegelapan kebodohan menuju cahaya hidayah yang terang.

3. Meningkatkan iman dan takwa

Semakin kita mengenal-Nya, kita akan merasa semakin akrab dengan-Nya and so pasti menambah keimanan dan ketakwaan tuk gapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

4. Ketenangan

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ (٢٨)
“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram. (QS. ar Ra’d: 28)

Misalnya orang yang memahami Allah swt tuch menjamin rejeki semua makhluk di dunia, pasti dia akan merasa tenang, nggak takut nggak kebagian rejeki. Begitu juga masalah jodoh, nggak usah takut karena Allah swt sudah mengaturnya.

5. Rasa aman

Kalo kita yakin Allah swt menjadi pihak yang kedua waktu kita sendirian, pihak ketiga waktu kita berdua, maha Pemberi Pertolongan, pasti kita nggak bakal takut dan akan merasa aman.

6. Kebebasan

الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ أُولَئِكَ لَهُمُ الأمْنُ وَهُمْ مُهْتَدُونَ (٨٢)
“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka Itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. Al An’am: 82)

Dengan mengenal Allah swt, berarti kita menyerahkan semua urusan kita sama Allah swt, yakin semuanya ditangan Allah swt, so kita terhindar dari ketergantungan or diperbudak hawa nafsu atau manusia lain.

7. Keberkahan

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالأرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ (٩٦)
“Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (QS. Al A’raf: 96)

Allah swt udah janjiin akan melimpahkan keberkahan kepada orang-orang yang beriman dan bertakwa. Nah, iman dan takwa ini bisa ada dengan cara mengenal Allah swt.

8. Hidup yang baik

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (٩٧)
“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik[2] dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

Dengan mengenal Allah swt hidup kita akan lapang, kita akan mampu menyelesaikan masalah-masalah kehidupan dengan baik. Dan pastinya allah juga akan ngasih jalan keluar yang baik pula.

9. Ridha Allah swt

Allah swt akan ridha sama kita kalo kita ridha menjalankan semua yang Allah swt sukai. Nah, masalahnya tuch kita tau apa yang Allah swt sukai or sebaliknya, kalo kita tidak mengenal Allah swt. Misalnya kalo kita nggak tau Allah swt nggak suka sama orang yang nyontek, pasti kita nggak berusaha untuk menghindarinya (jangan-jangan walaupun kita udah tau pun masih kesulitan untuk menghindarinya. Nah lho!).

10. Surga

وَاللَّهُ يَدْعُو إِلَى دَارِ السَّلامِ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيمٍ (٢٥)لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا الْحُسْنَى وَزِيَادَةٌ وَلا يَرْهَقُ وُجُوهَهُمْ قَتَرٌ وَلا ذِلَّةٌ أُولَئِكَ أَصْحَابُ الْجَنَّةِ هُمْ فِيهَا خَالِدُونَ (٢٦)
“Allah menyeru (manusia) ke darussalam (surga), dan menunjuki orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang Lurus (Islam)[3]. Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya[4]. dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan[5]. Mereka Itulah penghuni syurga, mereka kekal di dalamnya.” (QS. Yunus: 25-26)

Nah, ini yang menjadi harapan kita semua. Mengenal dan mengimani Allah swt akan membuat kita semangat melakukan amal shalih. Misalnya setelah kita tau betapa banyaknya kebaikan Allah swt kepada kita, seperti kesehatan, orang tua yang care sama kita, temen-temen yang baik, guru yang sayang sama kita, lingkungan yang enak, dan laen-laen, masa’ iya kita nggak mau berterimkasih sama Allah. Bentuk terimakasih dan syukur itu kudu kita tunjukin dengan cara melakukan amal-amal shalih dan ibadah yang Allah swt perintahkan kepada kita. wallahu a’lam.

Catatan kaki:
[1] Maksudnya ialah orang yang telah mati hatinya, yakni orang-orang kafir dan sebagainya.
[2] Ditekankan dalam ayat ini bahwa laki-laki dan perempuan dalam Islam mendapat pahala yang sama dan bahwa amal saleh harus disertai iman.
[3] Arti kalimat darussalam Ialah: tempat yang penuh kedamaian dan keselamatan. pimpinan (hidayah) Allah berupa akal dan wahyu untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
[4] Yang dimaksud dengan tambahannya ialah kenikmatan melihat Allah.
[5] Maksudnya: muka mereka berseri-seri dan tidak ada sedikitpun tanda kesusahan.
loading...
loading...