Pengertian TALAFI dan SALAFI - Ustadz Abdul Somad Lc MA


APA SIH “TALAFI” ITU ?

“Talafi” itu bahasa Arab, asal katanya “Talifa-Yatlafu” atau “Atlafa-Yutlifu”, artinya: Rusak-merusak, binasa-membinasakan. ini makna dari kata “Talafi” secara etimologi.

Adapun makna secara aplikasi, Talafi ini adalah sekelompok orang-orang bergamis, berjenggot, bercelana cingkrang, tapi hobinya tukang ghibah; tukang merusak kehormatan orang atas nama “menjaga agama”, tukang merusak nama baik para da’i dan ulama atas nama “tahdzir”, tukang membid'ah-bid'ahkan kaum muslimin yang berbeda pendapat & ijtihad dengannya tanpa kaedah yang benar; tukang memvonis-vonis orang, tukang mencaci maki orang; gampang nyesat-nyesatin orang; tukang memecah belah dan merusak ukhuwah serta persatuan ummat. ITU TALAFI. gaya berpenampilannya islami, tapi tabiatnya tabiat Yahudi. Ummat islam di luar kelompoknya, yang tidak satu pengajian dengannya, dia anggap Ahli Bid'ah, Hizbiyyah, khawarij, Ahli Neraka, dll. ITULAH TALAFI. ciri mereka (baik ustadznya maupun para pengikutnya) gampang memvonis orang tanpa rasa rahmat & kasih sayang.

SINGKAT KATA, Talafi itu adalah orang-orang yang sesuai Sunnah dalam berpenampilan, tapi tidak sesuai Sunnah dalam ber-akhlaq dan berprilaku keseharian.

Sedangkan SALAFI, adalah kaum asing di akhir zaman yang istiqomah menteladani Rasulullah dan Sahabat-Nya (menteladani Aqidahnya dan juga akhlaqnya). Jadi, Salafi itu Aqidahnya Ahlus Sunnah; Ahkhlaqnya Akhlaqul Kariimah. Pakaiannya Sunnah, tapi prilakunya pun sesuai Sunnah. Saling menasehati dalam kebenaran, berlapang dada dalam perbedaan (furu’iyyah), murah senyum dan cinta kepada sesama ikhwan. Kalau Talafi, rata-rata aqidahnya Murji-ah jahmiyyah. Ditambah akhlaqnya buruk dan suka memecah belah.

Singkat kata, Salafi itu itu indah aqidahnya dan indah pula akhlaqnya. Inilah SALAFI.
Kata Rasulullah:
إنما بعثت لأتمم مكارم الأخلاق......
“Tidaklah saya di utus ke muka bumi ini kecuali untuk menyempurnakan/memperbaiki akhlaq”.
( Ustadz. Maaher Atthuwailibi )
loading...
loading...